Sejarah Waduk Jatigede Sumedang Beserta Misterinya

Waduk Jatigede terletak di Kabupaten Sumedang dan Bagi kamu yang belum tahu sejarah waduk Jatigede Sumedang, simak artikel ini baik-baik ya.

Sejarah Waduk Jatigede Sumedang Beserta MisterinyaIDNTIMES.COM
Waduk Jatigede Sumedang

Bagi kamu yang belum tahu sejarah waduk Jatigede Sumedang, simak artikel ini baik-baik ya. Waduk Jatigede adalah waduk yang terletak di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat. Perlu kamu ketahui bahwa pembangunan waduk ini telah dirancang sejak zaman Hindia Belanda.

Pada tahun 2008 saat era presiden Susilo Bambang Yudhoyono waduk ini dibangun lalu diresmikan pada tahun 2015. Kemudian pada tahun 2017 waduk ini beroperasi secara penuh. 

Sejarah Waduk Jatigede Sumedang

Dibangun dengan membendung air sungai Cimanuk di wilayah kecamatan Jatigede. Waduk ini memiliki muatan sekitar 979,5 juta meter kubik air. Waduk ini menempati posisi kedua sebagai waduk terbesar di Indonesia.

Dikutip dari wikipedia, waduk ini sudah direncanakan sejak zaman Hindia Belanda. Pada saat itu, pemerintah Hindia Belanda berencana membangun waduk sepanjang aliran sungai Cimanuk dan waduk Jatigede sebagai waduk utama terbesar. 

Akan tetapi, pembangunan waduk itu mendapat banyak tantangan dari masyarakat dan dibatalkan. Barulah pada tahun 1990-an, rencana pembangunan tersebut dibahas kembali. 

Misteri Waduk Jatigede

Cerita mistis ini hanya ungkapan dari warga sekitar yang mempercayainya namun bukti-bukti valid masih belum ditemukan. Jadi, jangan terlalu dibawa serius pembahasan berikut ini. Menurut chanel youtube konten sejarah Sunda “Krisna Euy” berikut misteri waduk Jatigede:

1. Dihuni ular raksasa sepanjang 4 km

Banyak warga yang mengaku pernah menemukan ular di sekitar waduk, seperti yang kita tahu bahwa jatigede menjadi salah satu tempat tinggal bagi spesies ular. Bahkan ada warga sekitar yang menemukan ular kobra, sanca dengan panjang kurang lebih 3 meter.

Namun, katanya pada zaman dahulu waduk ini dihuni oleh ular ghaib dengan panjang 4 km.

2. Legenda kepiting putih

Kalau yang kita tahu kepiting memiliki warna hijau keabu-abuan atau kehitam-hitaman. Sedangkan pada waduk ini dipercaya ada kepiting putih yang berukuran besar. Bahkan tak sedikit warga yang mempercayai bahwa suatu hari nanti kepiting tersebut bisa menjebol bendungan.

3. Ikan mas sebesar pintu

Masih seputar hewan air, kini warga setempat percaya bahwa di dalam waduk tersebut ada ikan mas sebesar pintu.

Demikianlah sejarah waduk Jatigede Sumedang dan beberapa misterinya. semoga bermanfaat!

Editor:

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini