Berikut Asal Usul Kota Sumedang yang Harus Kamu Tahu

Pasti sebagian dari kami masih belum mengetahui asal usul kota sumedang. Padahal nama kota tersebut sudah pasti tidak asing lagi.

Berikut Asal Usul Kota Sumedang yang Harus Kamu Tahu
Alun-alun Sumedang

Pasti sebagian dari kami masih belum mengetahui asal usul kota sumedang. Padahal nama kota tersebut sudah pasti tidak asing lagi. Apalagi jika mengingat kuliner khasnya, yaitu tahu Sumedang. 

Kota ini memiliki banyak cerita dan peristiwa menarik yang dilestarikan hingga saat ini. Jadi, jika Anda belum mengetahuinya, simak artikel ini sampai akhir ya.

Asal Usul Kota Sumedang

Kota ini memiliki slogan yaitu “Sumedang Tandang Nyandang Kahayang”. Pada awal mulanya kota sumedang adalah kerajaan di bawah kekuasaan Raja Galuh. Atas perintah Prabu Suryadewata kota ini didirikan oleh Prabu Geusan Ulun Aji Putih sebelum Keraton Galuh dipindahkan ke Pakuan Pajajaran, Bogor. 

Nama Sumedang memiliki banyak pergantian nama seiring perubahan zaman. yang pertama adalah kerajaan Tembong Agung (Artinya nampak agung luhur) dipimpin oleh Prabu Guru Aji putih di abad ke-12.

Setelah itu pada masa Prabu Tajimalela, diganti menjadi Himbar Buana dan memiliki arti menerangi alam. Kemudian diganti lagi menjadi kerajaan Sumedang Larang yang berasal dari kata Insun Medal/Insun Medangan. Secara keseluruhan memiliki arti “Aku dilahirkan sesuatu yang tidak ada tandingannya”.

Pada Masa Pendudukan Belanda 

Saat Pakubuwono I harus memberikan konsensi pada VOC, wilayah kekuasaan diberikan pada VOC dan dipecah-pecah hingga wilayah Sumedang menjadi seperti sekarang. Sumedang sebagai kota kuno di Pulau Jawa memiliki khas alun-alun yang dikelilingi Masjid Agung, kantor pemerintahan, dan rumah penjara.

Fakta Tentang Kota Sumedang

Setelah mengetahui sejarahnya, kini akan kami paparkan fakta menarik tentang kota Sumedang. 

1. Memiliki waduk terbesar ke-2 di Indonesia

Waduk Jatigede yang berada di Sumedang ini termasuk waduk terbesar ke-2 di Indonesia. Tepatnya, pada zaman Hindia Belanda waduk ini mulai direncanakan. Namun mulai dibangun pada tahun 2008 saat era kepresidenan Susilo Bambang Yudhoyono.

2. Tahu Sumedang

Kota sumedang memiliki tahu khas yang bernama Tahu Sumedang. Ternyata Tahu Sumedang ini awalnya adalah Tahu Bungkeng. Tahu tersebut sudah ada sejak 1917. Menurut beberapa catatan, tahu ini dibawa oleh orang Tiongkok bernama Ong Kino. 

Nah, itu dia asal usul kota Sumedang serta beberapa fakta menarik tentang kota tersebut. Semoga bermanfaat!

Editor:

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini